Berita|

MAMASA – Tahun 2020 mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) Mamasa bakal mengalokasikan anggaran pembangunan jalan ke Desa Baruru, Kecamatan Aralle. “Kita programkan jalan Baruru ini tahun depan. Daerah ini memang salah satu yang terisolir,” kata Kepala Dinas PU Kabupaten Mamasa, Menton, belum lama ini.

Menton mengatakan, pihakanya bakal mengusulkan pembangunan jalur Baruru ke pemerintah pusat, lewat Dana Alokasi Khusus (DAK).  Menurutnya, APBD Mamasa tidak mampu membiayai program tersebut. “Kita lobi DAK pusat karena APBD tidak mampu. Jalur Baruru memang butuh anggaran lumayan besar,” imbuh kepala dinas.

Pihaknya akan melobi DAK pembangunan jalan Baruru di dua titik, yakni dari Aralle-Baruru dan Tabulahan-Baruru. Namun, Menton mengungkapkan peluang besar hanya teralisasi satu titik, yakni jalur Tabulahan-Baruru. “Tabulahan-Baruru ini banyak desa yang dilalui, dari Kelurahan Lakahang, Desa Burana, Pangandaran hingga Desa Baruru,” jelasnya.

Meski Menton belum merinci besaran anggaran yang dibutuhkan, ia memastikan pembangunan jalur tersebut butuh dana besar. Alasannya, selain infrastruktur jalan, jalur menuju Baruru juga butuh beberapa jembatan. “Banyak sungai yang dilalui masuk ke Baruru itu, pembangunan jembatan pasti ada. Program ini butuh dana sangat besar,” terangnya. Menton berharap, masyarakat bersabar menunggu progres pemerintah. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close Search Window